5 Resep Jamu Ayam Bangkok Sesuai Dengan Manfaat Masing-Masing

0 Comment

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Sesuai Dengan Manfaat Masing-Masing

Dalam dunia sabung ayam onlinepemberian perawatan ayam bangkok aduan memang tidaklah sembarang dikarenakan dapat mempengaruhi fisik hingga teknik tarung sang ayam. Maka dari itu sebagai pemiliknya, penting untuk menjaga kualitas ayam agar dapat bertarung sempurna.

Salah satunya seperti pemberian jamu atau suplemen khusus yang sejak dari dulu sudah diterapkan oleh para botoh tua hingga saat ini. Adapun setiap jamu pada ayam aduan sendiri memiliki manfaat yang berbeda-beda pada tubuh ayam. Sehingga bobotoh dipastikan jangan sampai salah memberikan agar tidak merusak tubuh ayam. Beberapa jamu yang dimaksud ini sendiri seperti jamu sebelum diadu, penambah stamina hingga jamu daya tahan tubuh.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Diperhatikan Bobotoh

Dalam pembuatannya, bahan-bahan yang diperlukan berasal dari bahan herbal sekaligus mudah ditemukan. Pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan beberapa pembuatan jamu itu antaranya.

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Sesuai Dengan Manfaat Masing-Masing

1. Jamu Ayam Aduan Sebelum Diadu

Pemberian jamu ini dapat dilangsung setelah ayam selesai dilatih guna meningkatkan stamina tarung. Bahan yang diperlukan antara lain 5 lembar daun jeruk purut, 2 ruas jahe, 2 ekor ikan lele, 2 ons daging kambing, 2 batang lidah buaya, telur bebek, daun kacang, gula merah dan garam.

Pertama potong kecil-kecil daun jeruk purut, jahe, lidah buaya dan daun kacang dan masukan semuanya dalam satu wadah. Setelahnya hancurkan semua bahan hingga halus dan masukan bahan lainnya seperti potongan ikan lele panggang, daging kambing, gula merah serta kuning telur bebek dan tumbuk kembali. Jemur hingga kering dan tambahkan olesan madu dan bentuk menjadi bulatan kecil. Berikan satu hari minimal satu butir sebelum ayam diadu.

Simak Juga : Jamu Sebelum Diadu Ayam Bangkok Yang Wajib Diberikan

2. Jamu Penambah Tenaga

Jamu satu ini dapat diberikan kepada ayam aduan yang terlihat tidak bersemangat atau lesu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain seperti 5 lembar daun jeruk purut, 1 sendok teh merica, 5 buah cabai jamu, 1 ekor ikan lele dan madu secukupnya.

Campurkan cabai jamu, daun jeruk, dan merica dalam satu tempat kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian masukan adonan tersebut ke dalam perut ikan lele yang telah disaingi dan bakar lele hingga menjadi matang. Oleskan sedikit madu dan bentuk menjadi bulatan kecil agar mudah ditelan. Berikan jamu satu ini 1 butir perharinya.

3. Jamu Memperpanjang Nafas Tarung

Nafas yang panjang memang sudah menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh setiap ayam petarung juara. Dimana hal ini nantinya akan membantu ayam dalam menghadapi laga tarung dalam durasi panjang tanpa takut kelelahan. Selain latihan tarung, bobotoh juga dapat memberikan jamu khusus.

Adapun bahan yang diperlukan antaranya seperti 1 ruas temu kunci, 100 gr gula aren dan 1 buah asam jawa. Haluskan semua bahan dan rebus dalam satu gelar air putih hingga mendidih. Kemudian berikan langsung pada ayam dan berikan dua kali seminggu tepatnya pada malam hari secara rutin.

Resep Jamu Ayam Bangkok Sesuai Penggunaanya

4. Jamu Usai Tarung

Ayam aduan yang baru saja ditarungkan tentu perlu diberikan perawatan khusus. Salah satunya seperti pemberian jamu khusus guna memulihkan semangat tarung. Hal ini akan membantu mengembalikan stamina serta mental ayam usai diadu.

Dalam pembuatannya bobotoh cukup menyiapkan 50 gram kencur basah, 500 gram beras biasa, 3 butir telur bebek dan madu secukupnya. Untuk prosesnya hampir sama seperti pembuatan jamu beras kencur.

5. Jamu Daya Tahan Tubuh

Dimusim pancaroba seperti ini, ayam aduan tentu memerlukan perawatan khusus guna menjaga kondisi tubuh yang dimiliki agar tidak mudah terserang penyakit. Adapun jamu daya tahan tubuh akan sangat baik diberikan sehingga daya tahan tubuh ayam ikut terjaga.

Bahan-bahan yang diperlukan sendiri antara lain kunyit, kencur, temulawak, temu ireng, temu giring,dan juga gula merah, serta telur bebek. Dengan perbandingan 4:2:1:1:1:1:2 yang kemudian dihaluskan dan berikan langsung pada ayam aduan.

Simak Juga : Jamu Tradisional Ayam Bangkok Yang Sudah Sangat Terkenal

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengulik 5 Resep Jamu Ayam Bangkok Sesuai Dengan Manfaat Masing Masing oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.