Akibat Mengganti Pakan Ayam Bangkok Yang Perlu Diketahui

0 Comment

Akibat Mengganti Pakan Ayam Bangkok Yang Perlu Diketahui

Dalam dunia sabung ayam online, merawat jenis ayam bangkok aduan memang tidak dapat dilakukan sembarang melainkan harus memperhatikan sejumlah faktor. Dimana hal ini akan menjadi kunci kesuksesan setiap ayam untuk menjadi petarung juara di arena laga.

Salah satunya seperti pemberian pakan pada ayam aduan yang tidak boleh asal dilakukan. Pakan yang tidak sesuai tentu akan menganggu proses pertumbuhan hingga kualitas tarung ayam nantinya. Kemudian mengganti pakan pada sang ayam juga dapat memberikan efek merugikan sehingga perlu diperhatikan. Hingga saat ini memang masih banyak bobotoh yang kurang peka dalam urusan satu ini.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Diperhatikan Bobotoh

Padahal tindakan ini dapat merugikan sang ayam untuk tumbuh sebagai petarung juara. Pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan lebih lanjut mengenai efek dalam mengganti pakan ayam yang harus diperhatikan dalam.

Akibat Mengganti Pakan Ayam Bangkok Yang Perlu Diketahui

Biasanya tindakan bobotoh mengganti pakan ayam dengan harapan dapat membuat ayam tumbuh lebih cepat. Sebaliknya ini justru harus membuat ayam kembali menyesuaikan pakan baru yang masuk ke dalam tubuhnya.

Adapun terdapat beberapa bahaya yang perlu diketahui saat terlalu sering mengganti pakan ayam diantaranya.

  • Menganggu kinerja produktivitas dan pertumbuhan sang ayam
  • Membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik
  • Dapat menyebabkan penyakit pencernaan seperti penyakit cacingan
  • Ayam aduan dapat saja kehilangan nafsu makan dan membuatnya mengalami penurunan secara drastis
  • Dan biasanya membuat ayam jadi suka memilih-milih pakan yang diberikan.

Proses Mengganti Pakan Yang Tepat

Sejatinya mengganti pakan ayam aduan memang bukan tindakan yang salah. Bobotoh dapat saja melakukan pergantian pakan dengan maksud agar ayam tidak bosan dengan pakan yang lama. Namun dalam proses menggantinya, bobotoh perlu memperhatikan waktu tepat seperti berikut.

1. Ketika Ayam Aduan Sakit

Ayam aduan yang sedang sakit sering kali menyebabkan sistem pencernaan ikut terganggu. Adapun bobotoh dapat memanfaatkan momen ini untuk mengganti pakan sebelumnya. Dimana nantinya ayam akan menyesuaikan kembali pakan yang dimakan.

2. Ketika Memasuki Masa Mabung

Ayam aduan dimasa mabung akan mengalami perontokan bulu sehingga membuatnya kehilangan banyak energi dan lemas. Maka dari itu penting untuk setiap bobotoh menjaga nafsu makan ayam sehingga mabung dapat berjalan lebih cepat. Adapun di masa ini, proses pergantian pakan juga dapat dilakukan.

3. Penempatan Kandang Baru

Dan terakhir adalah ketika akan melakukan pergantian kandang. Biasanya proses mengganti kandang ayam dilakukan saat bertambahnya usia dan disesuaikan dengan fungsi masing-masing kandang. Hal ini tentu akan membuat ayam harus menyesuaikan kandang baru. Dan selama proses penyesuaiannya bobotoh dapat melakukan tindakan pergantian pakan yang sesuai.

Simak Juga : Pakan Tambahan Ayam Bangkok Tingkatkan Kualitas Tarung

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengulik  Akibat Mengganti Pakan Ayam Bangkok Yang Perlu Diketahui oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.