Aturan Memandikan Ayam Bangkok Serta Menjemur Yang Benar

0 Comment

Aturan Memandikan Ayam Bangkok Serta Menjemur Yang Benar

Dalam dunia sabung ayam online, pemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan memang beragam jenisnya dengan tujuan meningkatkan kualitas tarung. Mulai dari pemberian pakan, suplemen hingga memandikan serta menjemur ayam yang tidak kalah penting.

Faktanya proses memandikan ayam aduan tidak hanya bertujuan dalam membersihkan badan dari kotoran. Sebaliknya hal ini juga nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan dan pengerasan otot sang ayam. Kendati demikian, dalam prosesnya sendiri tidak boleh dilakukan dengan sembarang melainkan ada aturan tersendiri. Dimana hingga saat ini masih banyak dilanggar oleh para bobotoh sehingga membuat penampilan justru rusak.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Diperhatikan Bobotoh

Tidak hanya mempengaruhi penampilan namun hal ini juga akan menurunkan perfoma tarung sang ayam. Adapun pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan lebih lanjut akan proses memandikan ayam aduan yang baik dan benar dalam.

Aturan Memandikan Ayam Bangkok Serta Menjemur Yang Benar

Pada dasarnya proses memandikan ayam aduan haruslah rutin dilakukan agar ayam selalu terlihat terawat dan sehat. Adapun dalam prosesnya dapat bobotoh lakukan setiap pagi hari pukul 08.00 pagi dengan sejumlah peralatan yang sudah disiapkan. Diantaranya ada gabus atau spons, handuk kering dan ember yang berisikan air bersih. Diingatkan untuk tidak menggunakan air hangat karena dapat merusak bulu ayam.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengapit terlebih dahulu tubuh ayam menggunakan kaki dengan posisi membelakangi bobotoh.
  • Selanjutnya tundukan kepala ayam sembari membasuhnya dengan busa yang telah dibasahi. Posisi ini juga akan membuat bobotoh lebih mudah untuk menyeka wajah ayam hingga menyeluruh.
  • Kemudian dilanjutkan ke bagian leher dan basahi lagi. Biarkan air mengalir membasahi bagian tenguk hingga pangkal sayap.
  • Jika sudah selesai, segera keringkan tubuh ayam menggunakan handuk agar bulu tidak banyak menyerap banyak air.
  • Berikutnya adalah membasahi tubuh ayam yakni pada bagian dada hingga ke belakang (kloaka). Adapun bobotoh akan menemukan banyak kotoran pada bagian tubuh satu ini sehingga harus benar dibersihkan.
  • Bersihkan juga daerah sayap hingga ketiak serta paha dan kaki ayam.
  • Bobotoh dapat menghindari bagian punggung ayam karena akan berbahaya jika bulu pada bagian tersebut terlalu banyak menyerap air. Hal ini dapat membuatnya mudah rusak dan patah.
  • Terakhir adalah proses pembersihan pada bagian dubur atau brutu ayam

Perawatan Tambahan Yang Perlu Diperhatikan

Bersihkan peralatan mandi setelah ayam selesai dimandikan baik itu dari busa hingga handuk yang dipakai sehingga nantinya tetap berada dalam kondisi bersih dan dapat digunakan kembali. Hindari untuk langsung melempar ayam ke dalam bak karena dapat membuatnya kaget serta kedinginan.

Setelah proses memandikan selesai, dilanjutkan dengan proses menjemur sang ayam di bawah sinar matahari secara langsung. Penerapannya sendiri dapat dilakukan sebelum puku 11 siang dan jangan terlalu lama karena dapat merusak kualitas bulu ayam. Sesuaikan juga dengan kondisi cuaca di tempat bobotoh dan apabila tidak mendukung maka proses mandi dapat dilewatkan agar tidak membuat bulu rusak.

Simak Juga : Mengenali Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok Yang Wajib Diketahui

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengenali Aturan Memandikan Ayam Bangkok Serta Menjemur Yang Benar oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel