Cara Mengobati Mata Ayam Aduan yang Terluka dan Terinfeksi

0 Comment

Cara Mengobati Mata Ayam Aduan yang Terluka dan Terinfeksi yang harus anda ketahui dari Situs Sabung Ayam Online Terpercaya.

Mata merupakan salah satu bagian yang penting untuk melancarkan serangan pada ayam lawan dengan tepat saat sedang di adu.

Apabila mata tidak dapat berfungsi dengan baik, maka ayam aduan akan kesulitan untuk menang terutama saat menghindari pukulan dari ayam lawan.

Oleh karena itu, sebagai penghobi ayam kita harus memiliki cara agar dapat mengobati mata ayam aduan yang terluka.

Ada beberapa jenis penyakit mata yang perlu untuk kita waspadai. Penyakit yang terjadi pada bagian mata ayam bisa disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih, seperti cacing, virus, bakteri. Namun tidak jarang juga dikarenakan terluka oleh jalu ayam lawan yang membuat mata ayam robek atau berdarah.

Di sini tim Sabungayamonline akan membahas beberapa penyakit mata dan cara  mengobatinya.

1. Terinfeksi Cacing

Ciri mata ayam yang terinfeksi cacing adalah:

  • Terdapat Kotoran Mata di setiap pagi (belek)
  • kelopak mata terlihat membengkak
  • Mata sering dipejamkan saat siang hari
  • Terlihat cacing putih tipis seperti rambut di dekat bola matanya

Cara mengobati Infeksi cacing dapat dilakukan dengan membuat air perasan dari daun tembakau. Daun tembakau dikenal memiliki manfaat dan khasiat yang ampuh untuk mata ayam. Dengan meneteskan air perasaan daun tembakau sebanyak 2-3 tetes setiap hari ke bagian mata.

Setelah itu Dalam 2-3 hari kedepan maka cacing yang ada pada mata ayam akan keluar perlahan dengan sendirinya dari mata si ayam.

2. Terinfeksi Virus

Mata ayam aduan juga bisa terinfeksi oleh virus dan bakteri yang mungkin dikarenakan lingkungan kotor dan lembab. Ciri-ciri utamanya adalah:

  • Mata sering Berair
  • Bengkak
  • Bola Mata terlihat Merah
  • Terlihat sayu

Apabila terinfeksi virus sebaiknya ayam segera di pindah ke kandang yang baru dan jangan di gabungkan dengan ayam lain. Itu dikarenakan virus dapat menular ke ayam lainnya, oleh karena itu ayam yang terinfeksi harus dikarantina. Selama proses karantina ayam harus segera diberikan obat agar mempercepat proses penyembuhannya.

Cukup berikan air perasan daun katuk, meniran atau daun sirih. Tetesan air perasan tersebut ke matanya setip pagi dan malam. Atau jika anda ingin menggunakan obat yang instan, anda bisa menggunakan obat tetes mata seperti insto atau rohto. Cukup dengan 2-3 tetesan ke mata ayam setiap pagi dan malam.

Apabila penyakit mata Ayam aduan parah, maka anda bisa berikan obat mata ayam Eye Chick yang bisa dibeli di ploutry terdekat di kota anda.

Perlu diingat bahwa obat mata Eye Chick ini memiliki kandungan kimia dengan dosis yang lebih tinggi dibanding anda membuat obat alami sendiri.

3. Terkena Jalu

Untuk ayam aduan yang matanya terluka karena jalu hingga menyebabkan  robek, atau bahkan pecah karena saat diadu maka obat yang digunakan tentu berbeda.

Dari beberapa informasi yang di dapat dari botoh tua, luka tersebut bisa disembuhkan dengan getah daun kelor. Dengan meteskan getah tanaman daun kelor yang bewarna putih ke mata ayam. Berikan sebanyak 1-2 tetes dan tunggu sampai getah tersebut sudah terserap ke dalam mata ayam bangkok anda.

Setelah itu tutup bagian mata ayam aduan anda dengan daun kelor dan biarkan selama sehari. Dan lihat besok harinya jika mata ayam aduan masih dalam terlihat bengkak, maka anda bisa memberikan 1 tetes lagi.

Demikian informasi atas Cara Mengobati Mata Ayam Aduan yang Terluka dan Terinfeksi. Semoga dapat membantu juragan.