Gejala Ayam Bangkok Berak Kapur dan Cara Mengobatinya

0 Comment

Gejala Ayam Bangkok Berak Kapur dan Cara Mengobatinya yang perlu anda ketahui dan bisa anda coba dari Tim Sabungayamonlinelive.

Kesehatan tubuh Ayam Bangkok dapat terjaga tergantung dengan perawatan seperti apa yang kita berikan. Jika perawatan yang kita lakukan tidak tepat, maka dapat mempengaruhi kondisi fisik ayam bangkok tersebut.

Kita tentunya tidak ingin ayam bangkok kesayangan terserang oleh penyakit yang berbahaya. Terlebih saat memasuki musim pancaroba seperti ini, berbagai macam bakteri jahat akan sangat mudah menyerang tubuh ayam aduan.

Contohnya adalah Penyakit Berak Kapur yang di alami ayam bangkok. Di sini Situs Sabung Ayam Online Terpercaya akan mengulas Gejala apa saja yang di timbulkan dari penyakit ini dan cara Mengobatinya. 

Gejala Penyakit Berak Dapur Ayam Aduan

Berak Kapur dapat terjadi dikarenakan adanya serangan bakteri salmonellosis pullorum, yang akan menyerang saluran pencernaan ayam bangkok. Penyakit satu ini tidak boleh kita remehkan begitu saja karena tak jarang banyak ayam aduan yang mati karena serangan bakteri satu ini.

Biasanya bakteri penyebab berak kapur ini muncul dikarenakan keadaan lingkungan ayam bangkok yang kotor dan jarang dibersihkan.

Di ketahui Berak kapur juga dapat menyerang semua jenis ayam aduan dan dapat di alami mulai dari anakan sampai dewasa.

Inilah Gejala-gejala yang di alami oleh ayam bangkok setelah melalui berbagai macam pengamatan. 

  • Kotoran ayam bangkok yang terlihat encer seperti lendir putih serta agak berwarna hijau
  • Ayam bangkok terlihat sangat lemas dan sulit untuk bergerak
  • Pada Jengger ayam bangkok berubah warna menjadi abu-abu pucat
  • Bulunya terlihat kusam dan tidak seperti biasanya
  • Sorot mata ayam aduan yang sayu dan tidak dapat bergerak seperti mengalami lumpuh

Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur

Pengobatan berak Kapur dapat dilakukan dengan 2 cara ini Yakni secara alami maupun menggunakan obat buatan khusus seperti di bawah ini:

1. Bawang Putih

Bawang Putir di ketahui memiliki Kandungan zat aktif yakni seperti antibiotik dan antiseptic sudah dikenal ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah penyakit berak kapur ini  dan cara ini sudah lama di terapkan oleh para bobotoh.

Untuk penerapannya juga mudah, yaitu dengan cara mengambil bawang putih secukupnya lalu di tumbuk hingga halus. Kemudian masukkan secara langsung ke dalam mulut ayam aduan. Atau anda juga dapat mencampurkan bawang putih ke dalam minuman sang ayam. Lakukan cara ini dengan rutin pada pagi hari hingga ayam sembuh total.

2. Neoterramycin

Pengobatan menggunakan obat satu ini memang sudah lama dikenal sangat ampuh untuk mengatasi penyakit berak kapur ayam bangkok.

Selain itu anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat dengan harga yang murah. Untuk pemberiannya dapat dilakukan dengan mencampurkan 2 mg bubuk obat dengan air bersih sebanyak 1,5liter. Neoterramycin mengandung zat antibiotik sehingga ampuh dalam mengatasi penyakit satu ini.

Demikian informasi atas Gejala Ayam Bangkok Berak Kapur dan Cara Mengobatinya. Semoga membantu.