Mengenali Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok Yang Wajib Diketahui

0 Comment

Mengenali Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok Yang Wajib Diketahui

Dalam dunia sabung ayam online, mendapatkan ayam bangkok aduan petarung jawara tidak hanya dari sisi keturunan, teknik tarung serta fisik saja. Sebaliknya sang ayam juga memerlukan perawatan khusus guna meningkatkan kualitas tarung sehingga nantinya akan semakin mudah memenangkan laga.

Pada dasarnya perawatan ayam aduan sendiri tidaklah sama seperti ayam kampung pada umumnya. Adapun bobotoh harus memperhatikan sejumlah tindakan yang diberikan kepada ayam agar nantinya tidak merusak kualitas tarung yang dimiliki. Terlebih kepada bobotoh yang masih pemula dimana masih kurang fasih akan pemberian perawatan kepada ayam aduan yang dimiliki.

Simak Juga : Ciri Ayam Bangkok Gagal Atau Tidak Dapat Bertarung Sempurna

Pasalnya ayam bangkok yang sudah rusak tentu akan kesulitan dalam menjalani setiap laga. Maka dari itu, pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan beberapa kesalahan perawatan yang harus dihindari oleh setiap bobotoh dalam.

Mengenali Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok Yang Wajib Diketahui

1. Proses Memandikan Dengan Air Hangat

Pada dasarnya memandikan ayam menggunakan air hangat tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Adapun penggunaan air hangat dapat dilakukan hanya untuk membersihkan luka, mengobati kurap dan untuk mengendorkan otot usai berlaga. Sedangkan jika diterapkan dalam perawatan sehari-hari haruslah dihindari. Pasalnya hal ini dapat mempengaruhi kualitas bulu serta membuat ayam tumbuh bantat. Adapun bobotoh disarankan untuk menggunakan air biasa saja.

2. Memandikan Ayam Aduan Belum Cukup Umur

Bagi bobotoh pemula memandikan ayam yang muda atau belum cukup umur dapat menjadi kesalahan fatal. Memandikan ayam sendiri dapat diterapkan jika proses pertumbuhan bulu sudah selesai. Maka dari itu untuk ayam yang masih muda tidak perlu dimandikan melainkan cukup diberikan asupan pakan dan gizi yang cukup guna membantu proses pertumbuhan.

3. Menjemur Terlalu Lama

Proses menjemur ayam memang bertujuan untuk meningkatkan stamina dan mental ayam. Namun menjemur ayam juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan atau terlalu lama bahkan hingga satu hari penuh. Adapun proses penjemuran yang benar dilakukan sekitar pukul 8.00 hingga pukul 11.00.

Simak Juga : Persiapan Ayam Bangkok Agar Memiliki Fisik Kuat Dan Tahan Pukul

Mengenali Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok

4. Latihan Fisik Yang Salah

Pemberian latihan kepada ayam aduan memang sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Dengan tujuan untuk membentuk otot, stamina hingga pukulan ayam agar semakin berkualitas. Sayangnya masih banyak bobotoh yang salah memberikan latihan sehingga nantinya membuat ayam cedera. Adapun latihan fisik yang dapat bobotoh coba terapkan seperti latihan kliter setiap hari dengan durasi 15-20 menit. Selain lebih aman namun latihan ini juga banyak memberikan manfaat baik bagi kualitas tarung ayam.

5. Mengangkat dan Melempar Ayam Ke Udara

Latihan satu ini memang terbilang ampuh dalam melatih otot kaki dan otot sayap ayam. Sayangnya cara ini terbilang cukup berbahaya dan sangat mudah mencederai sang ayam. Dengan mengangkat ayam aduan hingga satu meter kemudian dilempar tentu akan mudah membuat ayam keseleo karena jatuh dari ketinggian. Maka dari itu latihan ini sendiri dapat dihindari dan tidak perlu dilakukan.

6. Mengangkat Dan Memegang Bulu Ekor Ayam

Bagian bulu ekor pada ayam aduan faktanya merupakan bagian vital yang harus dirawat dengan hati-hati. Sayangnya tidak jarang bobotoh sering kali memegang bulu ekor yang kemudian diangkat. Tindakan ini sendiri sebaiknya wajib dihindari karena pada bagian bulu ekor ayam memiliki minyak atau peli yang sangat sensitif dan jika pecak dapat menyebabkan ayam kesakitan parah bahkan hingga mati.

7. Usia Belum Siap Adu

Melakukan latihan abar hanya dapat dilakukan apabila ayam sudah memasuki usia tujuh bulan ke atau setelah pertumbuhan bulu sudah selesai. Namun hingga saat ini masih banyak bobotoh yang tidak sabar menarungkan ayam yang dimiliki di usia yang masih muda sehingga membuat peluang rusak dan cedera akan semakin besar.

Simak Juga : Mengetahui Usia Tepat Ayam Bangkok Untuk Di Turunkan Ke Arena

Hindari Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok

8. Latihan Abar Yang Berlebihan

Penting untuk mengatur durasi waktu ayam aduan saat latihan agar tidak berlebihan. Dimana nantinya dapat membuat ayam menjadi mudah lelah dan melukai ayam sehingga tidak dapat bertaurng lagi.

9. Pemilihan Lawan

Memilih lawan untuk diadu pada ayam aduan memang tidak boleh sembarang. Utamakan untuk selalu mencari lawan yang seimbang baik itu dari umur, fisik maupun kekuatan bertarung. Hal ini dilakukan guna menghindari cedera dan terkena penyakit seperti turun urat, sakit kuning, turun mental dan sebagainya.

10. Perawatan Yang Kurang Usai Diadu

Pemberian perawatan kepada ayam yang selesai diadu merupakan hal wajib. Tepatnya adalah dalam merawat luka yang diterima saat diadu agar tidak semakin parah serta mengembalikan semangat tarung ayam. Luka yang dibiarkan tentu akan mudah terinfeksi sehingga menimbulkan penyakit baru seperti bubul, kurap dan ngorok.

11. Kesalahan Saat Melagakan

Terakhir adalah kesalahan saat bobotoh sedang melagakan ayam aduan ke arena laga. Hindari beberapa tindakan ini agar tidak merugikan ayam serta pemiliknya saat bertarung seperti.

Membawa ayam aduan yang masih belum cukup untuk diadu. Kemudian memasang taruhan yang berlebihan dan terlalu percaya diri bahwa ayam yang dimiliki akan menang. Terakhir memilih lawan yang tidak seimbang dan kesalahan perawatan usai berlaga.

Simak Juga : Efek Ayam Bangkok Sering Di Adu Yang Harus Diketahui Setiap Bobotoh

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengenali Kesalahan Perawatan Ayam Bangkok Yang Wajib Diketahui oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.