Penyebab Ayam Bangkok Lemas Sehingga Tidak Dapat Ditarungkan

0 Comment

Penyebab Ayam Bangkok Lemas Sehingga Tidak Dapat Ditarungkan

Dalam dunia sabung ayam onlinepemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan memang sudah menjadi tugas utama setiap bobotoh agar siap tarung. Sebaliknya jika diabaikan maka tentu akan membuat ayam kesulitan untuk mengalahkan setiap lawannya bahkan meski berasal dari darah juara sekalipun.

Selain itu, kurangnya perawatan pada ayam aduan juga akan membuatnya menjadi mudah lemas pucat, tidak memiliki gairah tarung dan malas bergerak dan beraktivitas seperti biasanya. Tentu ini akan menjadi masalah serius yang harus segera mendapatkan penanganan cepat dari para bobotoh agar tidak semakin parah kondisinya.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Sebelum Di Adu Selama Seminggu

Biasanya kondisi ini sering kali disebabkan oleh sejumlah faktor sehingga perlu dihindari oleh setiap bobotoh agar tidak kembali terulang. Maka dari itu pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan lebih lanjut penyebab ayam aduan lemas dalam.

Penyebab Ayam Bangkok Lemas Sehingga Tidak Dapat Ditarungkan

1. Jarang Terkena Sinar Matahari

Faktanya menjemur ayam aduan dibawah sinar matahari langsung memang sudah menjadi kegiatan rutin yang wajib dilakukan setiap bobotoh. Dimana kandungan vitamin D yang diterima ini sangat dibutuhkan oleh ayam baik itu dari proses pertumbuhan otot dan tulang hingga menjadikan ayam terlihat sehat dan segar penampilannya. Adapun dalam prosesnya sendiri dapat bobotoh lakukan setiap pagi di cuacu yang mendukung dan sekitar pukul 8 hingga 10 pagi.

2. Terserang Penyakit Cacingan

Biasanya kondisi ayam yang lemas, pucat dan lesu serta membuatnya tidak nafsu makan dapat dikarenakan terserang penyakit cacingan. Penyakit cacingan pada ayam aduan sendiri memang kerap kali ditemui oleh setiap bobotoh. Kendati demikian dalam bobotoh tidak perlu khawatir pasalnya terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi penyakit satu ini.

Salah satunya seperti pemberian buag pinang yang sudah sangat terkenal dalam mengobati ayam bangkok cacingan.

3. Dehidrasi dan Kekurangan Vitamin C

Asupan air yang kurang juga dapat menjadikan ayam lemas dan tidak bertenaga. Bahkan tak jarang hal ini juga akan mempengaruhi kondisi nafsu makan sehingga akan sangat berbahaya. Adapun  untuk mengatasinya, bobotoh dapat mencoba memberikan rebusan daun kelor guna mengembalikan serta meningkatkan stamina tarung.

Simak Penyebab Ayam Bangkok Lemas

4. Kekurangan Sel Darah Merah

Kondisi ayam yang pucat juga dapat disebabkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh ayam. Untuk membangkitkannya, bobotoh dapat memberikan asupan suplemen khusus baik secara langsung atau dicampurkan dengan pakan yang ada. Suplemen yang dimaksud ini sendiri seperti telur, belut, tepung ikan atau bekicot.

5. Jarang Di Umbar

Ayam bangkok yang jarang diumbar atau terus dikurung dalam kandang tentu akan membuatnya mudah menjadi stress. Maka dari itu proses mengumbar ayam aduan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh setiap ayam bahkan meski ayam belum siap diadu. Adapun hal ini juga dapat memberikan manfaat baik pada ayam. Sebut saja seperti membuatnya lebih peka akan keadaan lingkungan sekitarnya.

Selain mengikuti tips yang diberikan diatas, bobotoh juga diingatkan untuk memperhatikan kondisi kandang dan pakan. Dengan tujuan menghindari serangan penyakit berbahaya lainnya yang dapat menganggu fisik serta teknik tarung yang dimiliki.

Baca Juga : Tips Mengembalikan Paruh Ayam Bangkok Yang Lepas Atau Patah

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengulik Penyebab Ayam Bangkok Lemas Sehingga Tidak Dapat Ditarungkan oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.