Perawatan Ayam Bangkok Liar Agar Menjadi Jinak Dan Mudah Dilatih

0 Comment

Perawatan Ayam Bangkok Liar Agar Menjadi Jinak Dan Mudah Dilatih

Dalam dunia sabung ayam online, sifat pada setiap jenis ayam bangkok aduan tentu beragam dan berbeda antara satu sama lain. Sebut saja seperti yang sudah terbentuk sejak lahir sehingga lebih mudah dilatih namun ada juga beberapa jenis ayam yang masih liar sehingga perlu dijinakan.

Tentu dari sifat yang dimiliki, ayam yang mudah dilatih akan lebih banyak dipilih sehingga proses persiapan menjadi ayam juara lebih mudah dilakukan. Berbeda dengan ayam yang masih liar, dimana membutuhkan perawatan khusus agar mau dilatih. Adapun dalam perawatannya sendiri termasuk sulit dikarenakan sang ayam yang suka menyerang bahkan mematuk siapapun yang mendekatinya.

Simak Juga : Ciri Ayam Bangkok Siap Tarung Yang Penting Diperhatikan

Tak jarang selama perawatan, ayam akan terlihat meronta karena tidak suka disentuh sehingga secara tidak langsung dapat merusak bulu yang dimiliki. Tentu hal ini dapat mempengaruhi penampilan hingga mental yang dimiliki. Meski demikian, bobotoh tidak perlu khawatir pasalnya pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan sejumlah tips dalam merawat ayam liar dalam.

Perawatan Ayam Bangkok Liar Agar Menjadi Jinak Dan Mudah Dilatih

1. Pemberian Pakan Secara Langsung

Langkah pertama adalah dengan memberikan pakan pada ayam aduan yang masih liar secara langsung. Tepatnya adalah bobotoh memberikan pakan pada ayam dengan cara disuapi tanpa bantuan tempat pakan maupun wadah. Bobotoh hanya perlu memegang ayam selama proses pemberian pakan.

Di awal mungkin ayam masih akan meronta maka dari itu dalam pelaksanaanya harus dilakukan dengan rutin. Dimana nantinya akan menjadikan ayam terbiasa dan tidak mudah panik atau kaget ketika didekat oleh pemiliknya.

2. Memandikan Ayam Dengan Rutin

Proses memandikan ayam aduan memang sudah menjadi hal wajib bagi setiap bobotoh dalam proses perawatannya. Selain menjadikan ayam bersih dan bebas debu serta kotoran, namun cara ini juga dapat meningkatkan kondisi fisik serta mental yang dimiliki oleh sang ayam. Sehingga ketika diturunkan ayam akan lebih percaya diri serta terlihat lebih berwibawa. Di sisi lain hal ini juga akan menjadikan ayam dengan pemiliknya menjadi lebih dekat.

3. Menjemur Ayam Aduan

Usai proses memandikan selesai maka selanjutnya adalah menjemur sang ayam di bawah terik matahari secara langsung. Jika biasanya bobotoh menjemur ayam dengan meletakannya di dalam kandang maka kali ini akan berbeda. Tepatnya bobotoh diminta untuk memegang ayam dibawah sinar matahari secara langsung. Dalam prosesnya sendiri jangan dilakukan terlalu lama karena dapat merusak bulu ayam. Berikan juga sejumlah sentuhan lembut sehingga ayam yang tadinya liar akan merasa nyaman dengan pemiliknya.

Simak Juga : Mengetahui Usia Tepat Ayam Bangkok Untuk Di Turunkan Ke Arena

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengenali Perawatan Ayam Bangkok Liar Agar Menjadi Jinak Dan Mudah Dilatih oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.