Perawatan Ayam Bangkok Usai Diadu Yang Tidak Boleh Terlewat

0 Comment

Perawatan Ayam Bangkok Usai Diadu Yang Tidak Boleh Terlewat

Dalam dunia sabung ayam onlinepemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan usai bertarung menjadi tahap yang tidak boleh terlewat. Hal ini bertujuan untuk memulihkan kembali stamina, mental hingga fisik ayam agar dapat bekerja normal seperti dulu.

Ayam aduan yang baru saja diadu tentu akan mengalami luka tarung dari lawannya. Baik itu dari luka biasa hingga serius, semuanya harus segera mendapatkan perawatan cepat agar tidak semakin parah nantinya. Dan dalam penanganannya juga tidak boleh sembarang karena dapat memperparah kondisi luka hingga menjadikan ayam cacat atau mati. Maka dari itu penting bagi setiap bobotoh mengetahui tahap perawatan kepada ayam aduan yang selesai diadu.

Simak Juga : Manfaat Madu Dan Telur Bagi Ayam Bangkok Sebagai Suplemen Herbal

Dimana nantinya sang ayam dapat pulih total serta dapat ditarungkan kembali ke arena laga. Maka dari itu pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan beberapa perawatan yang dapat diberikan dalam.

Perawatan Ayam Bangkok Usai Diadu Yang Tidak Boleh Terlewat

Sebelum mengobatinya, bobotoh terlebih dahulu mengenali jenis luka yang diterima. Seperti luka yang diterima hanya lecet atau luka kecil karena pukulan dan patukan lawan yakni pada bagian kepala, leher, dan sayap. Dalam penanganannya bobotoh dapat terlebih dahulu membersihkannya menggunakan air bersih. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian obat luar seperti Betadine atau Tetayokcin yang dioleskan langsung pada bagian yang terluka agar cepat mengering.

Kemudian jika luka ayam sudah parah maka harus segera mendapatkan penanganan dengan segera. Untuk luka yang robek maka bobotoh dapat segera menjahit kulit ayam menggunakan benang khusus untuk menjahit kulit.

Setelah selesai dijahit, maka langkah berikutnya adalah dengan memandikan ayam aduan. Jika luka yang diterima sangat parah maka bobotoh dapat menggunakan air hangat sebagai penggantinya.

Jika keduanya sudah selesai dilakukan maka dapat dilanjutkan dengan mengompres bagian luka menggunakan kain yang sudah direndam dalam air es. Hal ini nantinya akan menghentikan pendarahan pada luka ditubuh ayam.

Bobotoh juga dapat memanfaatkan penggunaan getah pisang atau betadine pada bagian luka yang mengucurkan darah agar darah bisa berhenti. Tambahkan juga dengan pemberian obat dalam yakni obat antibiotik seperti amoxicilin dan yunan paiao atau sejenisnya.

Untuk kasus paruh yang patah maka bobotoh dapat memasang kembali dengan diikat atau dilem. Sehingga nantinya paruh baru yang akan tumbuh tidak cacat dan tumbuh sempurna.

Perawatan Tambahan

Setelah mengatasi luka pada ayam aduan maka langkah berikutnya adalah dengan pemberian perawatan tambahan. Diantaranya seperti pemberian jamu atau suplemen khusus yang bermanfaat untuk memulihkan kembali kondisi fisik dan stamina.

Dalam pembuatannya sendiri, bobotoh dapat memanfaatkan sejumlah bahan seperti kencur basah, beras, telur bebek, madu, dan gula aren, Berikan juga pakan yang mudah dicerna seperti nasi serta makan lainnya yang bertekstur lunak.

Bobotoh juga dapat sesekali memandikan ayam menggunakan air rebusan daun sirih dan jahe untuk mengembalikan otot-otot yang kaku. Tempatkan ayam aduan ke dalam kandang khusus dan terpisah dari ayam lainnya agar dapat beristirahat total. Setelah 4-5 hari, bobotoh dapat mencoba melepas ayam dan dihari berikutnya mandikan menggunakan air hangat terlebih di bagian yang terluka agar cepat kering dan terkelupas.

Setelahnya jika ayam sudah pulih total, maka bobotoh dapat melakukan perawatan seperti biasa sehingga ayam sudah siap diadu.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Sebelum Di Adu Selama Seminggu

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengulik Perawatan Ayam Bangkok Usai Diadu Yang Tidak Boleh Terlewat oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.