Racikan Alternatif Ayam Bangkok Paling Hemat Namun Tetap Bernutrisi

0 Comment

Racikan Alternatif Ayam Bangkok Paling Hemat Namun Tetap Bernutrisi

Dalam dunia sabung ayam onlinemerawat jenis ayam bangkok aduan tentu tidak dapat diterapkan secara sembarang. Pasalnya tidak hanya mempengaruhi sang ayam namun hal ini juga pengeluaran setiap bobotoh sehingga tidak dirugikan.

Terlebih permasalahan pakan yang kerap kali menjadi pengeluaran terbesar para bobotoh. Proses pemberian pakan memang paling banyak mendapat perhatian lebih karena para ayam diharuskan terpenuhi nutrisinya. Terlebih dengan bobotoh yang memiliki bisnis ternak ayam tentu harus memperhatikan pengeluaran yang dikeluarkan tanpa mengurasi asupan pakan setiap ayam.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Diperhatikan Bobotoh

Kendati demikian bobotoh tidak perlu khawatis pasalnya kini hadir sejumlah racikan alternatif membuat pakan ayam yang hemat namun tetap bernutrisi. Dan pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan lebih lanjut mengenai racikan tersebut dalam.

Racikan Alternatif Ayam Bangkok Paling Hemat Namun Tetap Bernutrisi

Pada dasarnya terdapat beberapa cara untuk menghemat pakan ayam yakni dengan pemberian pakan selingan. Dimana bahan yang dapat dijadikan sebagai tambahan pakan ini antaranya seperti umbi-umbian, ampas tahu, dedak, menir dll.

Hal ini membuat bobotoh tidak harus terus memberikan pakan berupa jagung, beras merah dan gabah saja. Namun juga dapat ditambahkan dengan pakan tambahan lainnya yang tentu bernutrisi.

1. Pemberian Pakan Ayam Bangkok Usia 0-3 Bulan

Ayam yang baru saja menetas dapat diberikan pakan berupa voer atau konsentrat. Dan ketika sudah memasuki usia satu bulan dapat ditambahkan pakan lainnya seperti berikut ini.

  • Kombinasi Voer dan Nasi

Untuk prosesnya cukup mudah yakni dengan mencampurkan voer dengan nasi putih. Kemudian tambahkan air dan aduk hingga merata. Biarkan hingga mengembang dan kemudian baru diberikan kepada anak ayam.

  • Kombinasi Voer dan Pakan Lain

Selain itu bobotoh juga dapat mencapur voer dengan jenis pakan lain seperti ampas tahu, dedak, menir jagung, tepung ikan dll. Bahan-bahan ini sendiri jauh lebih murah dan menghemat biaya pakan. Bobotoh juga tidak perlu khawatir akan kebutuhan gizi ayam dan akan tetap terpenuhi sehingga dapat tumbuh optimal.

2. Pakan Ayam Bangkok Lancuran dan Induk Ayam

Umumnya ayam disebut lancuran jika sudah memasuki usia 4 bulan lebih dimana asupan gizi harus sangat diperhatikan agar terus terpenuhi. Dan berikut racikan kepada ayam lancuran dan babon.

  • Pakan Tanpa Diolah

Untuk pembuantan hampir sama namun bedanya voer diganti dengan jagung. Selanjutnya bobotoh dapat mencampur jagung dengan tambahan pakan lain seperti dedak, gabah, nasi, ubi dan sebagainya.

  • Pakan Olahan

Selanjutnya pembuantan pakan olahan dengan menggunakan bahan utama yakni beras jagung dan beras putih. Masak kedua bahan tersebut dengan tambahan bahan lain seperti ubi, tepung ikan, serta sayuran. Pakan satu ini sangat cocok dibuat untuk bobotoh yang memiliki banyak ayam. Untuk memasaknya dapat menggunakan kompor, rice cooker atau tungku kayu.

3. Pakan Ayam Bangkok Dewasa

Selanjutnya adalah pemberian pakan dewasa yang sudah memasuki usia 7 bulan ke atas dan mulai bisa berkokok. Dimana pada usian ini ayam harus diberikan perawatan khusus karena akan mempengaruhi kualitas tarungnya. Biasanya ayam dewasa diberikan pakan seperti jagung, beras merah dan gabah.

Namun kini bobotoh juga dapat melakukan sejumlah kombinasi dengan pemberian racikan pakan. Bobotoh dapat menggunakna racikan ayam lancuran dengan takaran porsi yang cukup diberikan setengah saja. Seperti pada pagi hari diberikan setengah kemudian di sore harinya cukup dengan pakan jagung dan beras merah.

Hal ini akan membantu proses pertumbuhan otot berjalan lebih cepat. Sebaliknya pakan jagung saja dimasa perawatan justru dapat menyebabkan ayam kehilangan berat badan.

Waktu Pemberian Pakan Yang Tepat

Masalah satu ini memang masih banyak belum diketahui bobotoh. Faktanya waktu proses pemberian pakan yang benar adalah pada saat pagi hari dan menjelang sore. Di pagi hari cukup diberikan porsi secukupnya kemudian di sore lebih diperbanyak porsinya.

Simak Juga : Penyebab Ayam Bangkok Berukuran Kecil Yang Perlu Diketahui

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengulik  Tips Racikan Alternatif Ayam Bangkok Paling Hemat Namun Tetap Bernutrisi oleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.