Tradisi Sabung Ayam Tajen Asal Bali Yang Sudah Sangat Terkenal

0 Comment

Tradisi Sabung Ayam Tajen Asal Bali Yang Sudah Sangat Terkenal

Dalam dunia sabung ayam online, perkembangan permainan sabung ayam memang sudah banyak dikenal luas dalam sejumlah negara. Bahkan Indonesia menjadi salah satu pelopor dalam kehadiran kegiatan satu ini dan sudah melebar luas hingga ke beberapa daerah.

Sebut saja seperti di daerah Bali yang sudah melekat kuat akan perkembangan sabung ayam atau lebih dikenal dengan panggilan sabung ayam tajen. Bahkan diketahui bahwa kegiatan satu ini sudah muncul sejak dari jaman dulu dan diturunkan langsung ke anak cucunya. Tidak heran jika ritual satu ini sangat terkenal di Indonesia bahkan hingga ke banyak negara. Bedanya kegiatan satu ini dikategorikan sebagai upacara adat yang mengarah ke acara keagamaan.

Simak Juga : Ayam Bangkok Suro Kopyor Dengan Ciri Khas Yang Unik

Kendati demikian, sering juga dijadikan sebagai acara hiburan guna menghibur bagi warga setempat. Pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan lebih lanjut akan perkembangan kegiatan daerah satu ini dalam.

Tradisi Sabung Ayam Tajen Asal Bali Yang Sudah Sangat Terkenal

Selain dikenal dengan panggilan tajen, sabung ayam di Bali ini juga sering disebut dengan Tabuh Rah. Dimana dalam pelaksanaannya dimaksudkan dengan arti tetesan darah yang jatuh ke bumi. Adapun bagi masyrakat kepercayaan Hindu di Bali, kegiatan ini diartikan sebagai wujud permohonan kepada dewa. Dengan tujuan agar dijauhkan dari hal negatif yang datang ke bumi untuk merugikan manusia.

Jika di sejumlah daerah kegiatan satu ini tidak diijinkan atau ilegal maka berbeda lagi di Bali. Dimana kegiatan satu ini telah mendapatkan persetujuan langsung dari negara dan diperbolehkan untuk digelar. Hal ini dikarenakan mengandung unsur keagamaan sekaligus telah ada sejak jaman dulu sehingga tidak mungkin dihentikan begitu saja.

Bahkan tak jarang, karena keunikannya sering kali mampu menarik minta para wisatawan hingga turis mancanega untuk menyaksikannya secara langsung. Biasanya acara ini akan diramaikan langsung oleh kaum pria masyarakat Bali.

Faktanya sabung ayam tajen sendiri memang sempat mendapat penolakan langsung dari Pemerintah di tahun 1981. Namun hal ini tidak memadamkan minat para bobotoh lokal untuk tetap melanjutkan kegiatan satu ini meski harus diam-diam dan tersembunyi. Dan kini para bobotoh sudah tidak perlu khawatir lagi, pasalnya acara ini sudah dapat digelar secara umum.

Namun dengan catatan mengikuti tata cara upacaranya sendiri dan telah disesuaikan dengan aturan Pemerintah. Tepatnya permainan ini tidak bertujuan untuk mencari pemenang melainkan hanya untuk menghibur para pemirsanya.

Acara akan dimulai dengan upacara khusus kepada Dewa Tajen yang dipimpin oleh kepala adat. Dengan tujuan guna menghindari perselisihan antara kedua bobotoh selama melangsungkan pertandingan mengadu kedua ayam. Terbilang unik dan kerap kali ditampilkan dalam sejumlah upacara keagamaan bahkan juga dijadikan sebagai persembahan untuk para dewa.

Demikian Pembahasan Sabung Ayam Online mengenai Mengulik Tradisi Sabung Ayam Tajen Asal Bali Yang Sudah Sangat Terkenaloleh Tim sukses Situs Sabung Ayam Online . Semoga artikel ini bisa membantu anda para bobotoh sabung ayam. Terima Kasih.